GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Pendakian Sumbing Via Bowongso

Tidak ada komentar

SUMBING VIA BOWONGSO

Assalamualaikum wr.wb.....

Hebooh bgt sie tu judul post nya..??????

ga penting  bgtyah....!!!

selamat siaaang sobat ... terutamapara pendaki gunung,,,dan pencinta alam,,,dimanapun kalian berada..... 
huahh...makin hari di lereng dieng makin Panas aja cuacanya !!! ...Gersang beud...!!
huaaahhh...

 #abaikan!!

sekedar mengisi waktu yg sangat luang,,dan dari padan ane kepanasan gg jelas krna cuaca,,mending ane share catatan pendakian aja dach.. yaahh...itung2 tuk nambah isi koleksi kategori blog butut ini...

#sumpahAbaikanSaja!!

Okeh tanpa basa basi langsung simak aja sob...



Gunung sumbing dapat didaki melalui beberapa rute yakni diantaranya dari Base Camp Garung yang berada di desa Garung,kecamatan Kalikajar, kabupaten Wonosobo.Atau dari Base Camp Cepit yang berada di desa Pagergunung, kecamatan Bulu, kabupaten Temanggung. Dan dari desa Bowongso yaitu desa terakhir yg melalui Kertek, Wonosobo.

Pada kesempatan kali ini ane akan menuliskan selama perjalanan pendakian melalui desa Bowongso. Kelebihan utk jalur ini adalah lebih cepat ketimbang jalur2 lain di gn Sumbing, selain itu juga utk menuju puncaknya kita langsung sampai dipuncak rajawali sumbing tanpa harus turun ke kawah dulu...

Sekedar info jalur yang ditempuh untuk mencapai ke gunung Sumbing via Bowongso ini sobat harus turun di pasar Kertek. Desa ini terletak dijalan menurun arah Wonosobo. Kemudian dgn melanjutkan naik kendaran Angkotdes warna kunig atau bisa naik ojek sampai di desa terakhir yaitu Bowongso...

Sesampainya di Bowongso tidak ada homestay untuk bermalam. Namun sobat bisa bermalam di rumah kepala desa, atau biisa juga utk informasi mengenai Gunung Sumbing jalur Bowongso dapat menghubungi P.A. Sky Doors





Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar 6-8 jam dengan menempuh jarak -/+ 7km.Mulai dari Base Camp Desa Bowngso (+/-1300 mdpl ). Sobat akan melalui jalan batu2 selama 1 jam lamanya. Sobat akan melewati kebun teh dan ladang jagung,tetapi jalannya tetap menanjak dan licin. Sebelum mencapai Gardu Pandang kita akan melalui kondisi jalan tanah liat dan tanah merah. Perjalanan akan semakin menanjak melewati bukit sampailah di Gardu Pandang (+/- 1900 mdpl).Sambil istirahat disini cukup bagus pemandangannya, beruntung apabila cuaca bagus akan terllihat jelas kota2 seperti Wonosobo dll..






Jalur setelahmelewati ladang pertanian sampailah kita memasuki jalur tanjakan. Tanjakan ini cukup panjang dan sangat 2 licin jika sehabis hujan. Kita akan terus melipir di pinggiran bukit kadang2 jurang dan semak2 yg tinggi disebelah kita lalu melewati beberepa medan yg cukup terjal dan masih tetap licin. Sampailan kita di Pos I perhutani atau dinamakan oleh penduduk yaitu pos Taman Asmara (+/- 2050 mdpl ). Dua Jam waktu standar buat jalan dari desa Bowongso sampai di pos I perhutani.

Di lanjutkan perjalanan menuju pos II sobat akan disuguhi jalur menanjak Utk menuju pos II adalah merupakan jalur yg tersulit dibanding jalur sebelum pos I atau jalur setelah pos II, kondisi jalur berupa tanah liat dan tanah merah bersemak2 yg cukup tinggi di kanan kiri kita hingga menutupi jalan, dan jurang.





Setelah itu sobat akan melalui jalur yg dinamakanTanjakan Cinta. Dinamakan Tanjakan Cinta karena jalurnya cukup sulit dan licin, setiap pendaki dipastikan akan saling berpegangan satu dgn yg lainnya.
Disini juga terdapat sumber mata air jika Sobat pendaki memerlukannya.Perjalanan selanjutnya kita akan sampai di Pos II ( Bogel ) pada ketinggian kira-kira +/- 2.550 mdpl. Di pos ini pendaki dapat
mendirikan tenda, tempat ini cukup terlindung dari hempasan angin kencang,
disamping itu mengapa dinamakan pos Bogel karena disitu terdapat pohon yg tingginya segitu2 saja sejak puluhan tahun yg lalu. Lamanya perjalanan antara pos I ke pos II kira-kira 2-3 jam lama perjalan.

Selanjutnya kita menuju ke pos III, dgn kondisi jalur lebih ringan ketimbang sebelumnya. Hanya saja utk jalur ini berupa semak2 liar hingga menutupi jalur pohon- pohon tinggi juga jarang, tempatnya agak
terbuka. Ane saranin untk berhati2 disini karena banyak jalan yg bercabang. Salah-salah anda akan tersasar keluar jalur dan kembali turun menuju desa lainnya. Dua Jam berlalu akhirnya sampai di pos III, ini adalah pos terakhir utk meuju puncak. Sobat dapat mendirikan tenda disini, tempatnya cukup utk mendirikan tenda kira-kira 4-5 tenda. Di sepanjang kawasan ini terdapat beberapa jenis burung dan ayam hutan.




Pos 3 (+/- 3000 mdpl ) adalah berupa tanah agak lapang yang lebih luas dibandingkan dengan pos sebelumnya (Pos-2 / pos Bogel ), tempat sangat cocok digunakan untuk camp sebelum summit menuju puncak, selain terdapat 3 area untuk mendirikan tenda yang cukup terlindung dari terpaan angin, pos ini juga tidak terlalu jauh letaknya dengan puncak.







Setelah pos 3 kita akan kembali dihadapkan dengan jalur yang terbuka melewati pinggiran punggungan.Jalur
ini mirip dengan jalur sebelumnya yang dikenal dengan sebutan jalur zorro.

setelah ± 15 menit perjalanan kita akan sampai di pohon yang agak besar yang terlihat sebelumnya dari pos 3, kemudian kita ambil jalan yang kearah kanan untuk menuju pohon penanda tikungan itok . Setelah tikungan ini jalur masih sama dengan jalur sebelumnya, terpaan kencang dan dinginnya angin akan menjadi menemani kita menuju puncak. 10menit perjalanan kita akan melewati sisi sebelah kiri punggungan bukit.

Jalur menanjak bebatuan yang terjal dan curam menjadi hidangan awal sebelum sampai puncak, jadi konsentrasi serta siapin fisik dan mental kita butuhkan disini. Setelah berjalan selama ± 15 menit kita aka2n langsung sampai di Puncak rajawali Sumbing 3371 mdpl,(jika dari jalur bowongso ini maka puncak yang akan kita temui adalah puncak sisi sebelah batu besar. Dipuncak ini terdapat jalur turun menuju kawah serta menuju jalur pendakian dari arah kaliangkrik.)

Dari puncak kita bisa menikmati pemandangan yang sungguh indah. Kawah puncak gunung, gunung sundoro,
dieng plateu, gunung slamet serta pemandangan kota wonosobo terlihat jelas bila cuaca cerah.




Ringkasan RUTE Bowongso

1 Base Camp/rumah Kepala Desa ( +/-1300 mdpl )

2 Kebun penduduk jalur aspal. Perjalanan
sekitar 1 jam dari Base Camp (-/+1500mdpl )

3 Kb penduduk jalur tanah liat bebatuan -/+ 0.5 jam s/d Gardu pandang (-/+ 2000mdpl )

4 Kawasan hutan lama perjalanan sekitar 1
jam smp di Pos I Perhutani (-/+ 2050 mdpl)

5 Kawasan hutan semak2 sekitar 2.5 jam
sampai di Pos II / Pos Bogel ( +/- 2550
mdpl )

6 Padang rumput semak2 perjalanan sekitar 1.5 jam sampai di Pos III ( +/- 2850 mdpl )

7 Tikunagan Tito lama perjalanan kira-kira 1 jam ( +/- 3200 mdpl )

8 Puncak gn Sumbing ( +/- 3371 mdpl )


 




segitu dlu aja dah,,,postingan yg gg
seberapa penting n gg jelas ini... ane mau mandii dlu...hoho
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar