GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Pendakian Gunung Merapi via New Selo

Tidak ada komentar

Pendakian Gunung Merapi via New Selo

Gunung Merapi (ketinggian 2.930 mdpl) adalah salah satu gunung teraktif di dunia. Lereng selatan berada dalam wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaiutu Kabupaten Magelang, Boyolali, serta Klaten. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) sejak tahun 2004. (Wikipedia)

Lokasi

New Selo berada di tengah-tengah antara Gunung Merapi dan Merbabu, tepatnya di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Berjarak kurang lebih 2 km dari Polsek Selo.
New Selo
Lokasi
Saat ini pendakian via jalur New Selo merupakan satu-satunya jalur resmi Gunung Merapi setelah erupsi pada tahun 2010. Sebelum menuju ke New Selo Anda harus ke basecamp Barameru terlebih dahulu. Hanya sampai tempat ini jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, parkirkan kendaraan dan lakukan pendaftaran di loket. Di basecamp Barameru fasilitas cukup lengkap, Anda bisa istirahat dan memepersiapkan peralatan yang akan Anda bawa.

Pendakian

Awal pendakian akan dimulai dari basecamp Barameru menuju New Selo, berjalan kaki kurang lebih 30 menit atau bisa juga naik ojek Rp5000 sampai Rp10.000 tergantung nego. Anda akan melewati jalan beraspal dan menanjak, lumayan untuk pemanasan sebelum pendakian yang sebenarnya. Ada beberapa warung di sini, Anda bisa membeli air mineral dan makanan untuk bekal, karena ini tempat terakhir bisa membeli bekal.

New Selo - Gerbang TNGM

Perjalanan masih didominasi ladang penduduk, tanaman yang mendominasi di sini adalah tembakau dan beberapa sayuran. Jika musim kemarau trek ini sedikit berdebu, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam untuk sampai di Gerbang Taman Nasional Gunung Merapi.
Awal pendakian
Terdapat shelter di sebelah gerbang yang bisa digunakan pendaki untuk beristirahat. Banyak pohon cemara dan pinus di sekitarnya yang membuat udara menjadi sejuk.
Shelter di sebelah TNGM

Gerbang TNGM - Pos I

Jalur masih didominasi pepohonan pinus, lamtoro dan akasia gunung. Untuk mencapai Pos I dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam dengan trek yang lumayan menanjak. Berjalan beberapa menit Anda akan menemui percabangan, ke kiri melewati jalur Kartini yang sedikit landai, atau bisa juga lurus.

Pos I - Pos II

Selepas Pos I jalur akan didominasi batuan, Anda harus hati-hati karena bisa tergelincir. Terdapat jalur alternatif selain jalur utama ini, jika ambil kanan Anda akan melewati jalur evakuasi yang langsung menuju ke Watu Gajah tanpa melewati Pos II. Menurut saya jalur ini lebih enak untuk turun, kalau naiknya tetap menggunakan jalur utama melewati Pos II.
Setelah melewati tanjakan yang cukup terjal, Anda akan menemui semacam tugu dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Dilanjutkan dengan jalur yang landai sampailah di Pos II. Banyak pendaki yang memilih mendirikan tenda di tempat ini. Untuk mendirikan tenda, pendaki harus menuruni lereng-lereng di sebelah kiri. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pos II sekitar 2 sampai 3 jam.
Tanpa cewek, yang masak ganteng-ganteng cyin :-D

Puncak terlihat dekat
Bumbu raciknya jangan lupa, cyin ;)

Pos II - Watu Gajah

Menuju Watu Gajah, trek yang dilalui cukup terjal dengan batuan yang mudah lepas. Sama sekali tidak ada bonus di trek ini. Sekitar 30 menit saja Anda akan sampai di Watu Gajah, tempat ini biasanya juga digunakan untuk mendirikan tenda.
Medan terjal dan berbatu

Watu Gajah - Pasar Bubrah

Untuk bisa sampai Pasar Bubrah hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam saja, treknya lumayan terjal dengan batu dan tempat yang terbuka. Kawasan Pasar Bubrah ditandai dengan monumen dan papan peringatan pendakian. Meskipun tempatnya luas namun Anda harus jeli memilih tempat untuk mendirikan tenda, pilih yang benar-benar tidak ada batu yang menonjol agar nyaman saat istirahat.
Tenda-tenda yang berdiri di Pasar Bubrah

Pasar Bubrah - Puncak

Di jalur ini Anda akan melewati jalur yang sangat ekstrim, terjal dan berpasir. Dibutuhkan stamina fisik dan keberanian yang prima saat melewati trek ini. Waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam untuk menggapai puncak. beratnya jalur ini akan terbayar dengan pemandangan dan keindahan yang akan Anda saksikan dari puncak Merapi.
Menuju puncak

Puncak Garuda yang berubah bentuk pasca erupsi tahun 2010


Kawah Merapi yang selalu mengeluarkan belerang, sangat berbahaya jika turun hujan

Tiket Masuk dan Fasilitas

  • Biaya pendaftaran Rp18.500 (Desember 2015)
  • Parkir sepeda motor Rp3000
Fasiltas di basecamp Barameru diantaranya: kamar mandi, warung makan, penjual souvenir, mushola, tempat parkir, dan tempat istirahat.
Salam Lestari!

Galeri Foto

Menanti sunrise

Gunung Merbabu di depan mata

Bersama teman seperjuangan

Nasionalis

Ganbate!

Menuju Pasar Bubrah

Ehem, no comment!

Jangan terpengaruh estimasi waktu di papan

Yang berjaket biru, sepertinya pernah kenal

Di atas awan
Referensi http://www.bukanpepatah.com/2015/08/jalur-pendakian-gunung-merapi-via-selo.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar