GUIDE NAIK GUNUNG # MERBABU # LAWU # PRAU # SEMERU # DST # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu penyedia jasa layanan pemandu dan event organizer naik Gunung di Pulau Jawa. Kami juga menyediakan beberapa jadwal pendakian yang bisa diakses dan diakses dalam website ini. Gunung yang sering kami kunjungi diantaranya Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Lawu, dan lainnya.

GUA PINDUL # RAFTING OYA # OFFROAD # GUA INDAH # GUA SI OYOT # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami adalah salah satu agen resmi reservasi Gua Pindul, Rafting Oya dan Off Road. Keuntungan reservasi melalui kami ialah mendapatkan penawaran terbaik dari kami dan tanpa antri. #Pemandu Lokal #Transport Lokal 'PAJERO' #Ban #Pelampung #Asuransi #Wedang Pindul #Toilet Banyak #Parkiran Luas

TELAGA WARNA # KAWAH SIKIDANG # GUNUNG SIKUNIR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Dieng Plateau mempunyai potensi alam yang luar biasa indahnya sehingga sangat kami sarankan untuk mengunjunginya. Selain Telaga Warna, Kawah Sikidang dan Candi Arjuna dalam beberapa bulan terakhir baru booming Gunung Sikunir dan Gunung Prau

RESTO INDRAYANTI # MALIOBORO # PRAMBANAN # BOROUBUDUR # 085.643.455.685 # 7A722B86

Resto Indrayanti merupakan obyek wisata baru yang sekarang menjadi tujuan wisata di Yogyakarta. Malioboro menjadi tujuan akhir wisata belanja. Mari yang berminat mengunjungi segera menghubungi admin.

AVANZA # INNOVA # ELF # ELF LONG # HIACE # BIG & MICRO BUS # 085.643.455.685 # 7A722B86

Kami mempunyai berbagai macam armada dengan harga bersahabat. Kami menyarankan bagi calon wisatawan apabila hendak mencari armada untuk liburan direncanakan jauh jauh hari guna mendapatkan pelayanan yang terbaik dari kami.

Hangatnya Mentari Pagi Gunung Ungaran

Tidak ada komentar

Menyesap Hangatnya Mentari Pagi Gunung Ungaran, Si Cantik dari Kota Atlas

Gunung Ungaran 2050 mdpl

Jika hendak berburu indahnya matahari terbit dari ketinggian, tidak melulu bisa mendapatkannya dari mendaki gunung yang tinggi dengan medan yang berat. Banyak gunung yang hanya berketinggian 2000an mdpl yang mampu menawarkan pengalaman mendaki yang tidak begitu ngoyo tapi menyimpan keindahan alam dan pemandangan yang luar biasa. Sebut saja Gunung Prau di Pegunungan Dieng, Gunung Panderman di Batu Malang, Gunung Penanggungan di Mojokerto dan yang satu ini yang akan aku bahas yaitu Gunung Ungaran di Semarang.

Gunung Ungaran terletak di sebelah selatan – barat daya kota Semarang dengan jarak sekitar 40 km dari pusat kota. Gunung yang berketinggian 2.050 mdpl ini memiliki tiga jalur pendakian yaitu Mawar (Jimbaran, Ungaran), Medini (Limbangan, Kendal), dan Gedong Songo (Bandungan, Ungaran). Pada pembahasan kali ini, aku akan berbagi pengalamanku mendaki gunung ini menggunakan jalur pendakian Mawar. Pendakian ini aku sempatkan mampir sebentar sebelum kembali ke Surabaya untuk masuk kuliah lagi. Aku berangkat dari Jepara dengan rute Jepara-Semarang-Ungaran-Jimbaran. Setelah sampai di Pasar Jimbaran, masuk ke gapura gerbang wisata Umbul Sidomukti. Basecamp pendakian via Mawar berada tepat diatas obyek wisata tersebut. Sekitar pukul 14.00, aku sampai di Basecamp Mawar Pendakian Gunung Ungaran. Dari basecamp ini saja, kita bisa melihat pemandangan Semarang dari ketinggian serta Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo dari kejauhan. Setelah beristirahat sejenak sekadar mengisi perut dan kemudian melengkapi administrasi dan membayar retribusi pendakian sebesar Rp3.000, aku beserta tiga orang temanku memulai pendakian ini.

Awal perjalanan pendakian Gunung Ungaran, kami disambut dengan kawasan hutan pinus dengan track yang masih cukup landai dengan sesekali melewati beberapa tanjakan. Medan kemudian dilanjutkan dengan tanjakan dengan tanah terbuka. Karena bertepatan dengan musim kemarau, medan ini sangat berdebu. Tak lama kemudian, kita akan menemukan sungai yang terdapat air terjun kecil yang dapat berguna untuk sumber air selama pendakian. Airnya bersih dan layak dikonsumsi. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan ke arah kanan dengan track yang menanjak dan kembali agak landai. Melintasi kawasan hutan dengan pepohonannya yang lebat akan mengantarkan kita ke perkebunan Si Kendil. Di lokasi perkebunan kopi ini terdapat pondok dan bak penampungan air yang menyerupai kolam renang. Tempat ini merupakan sumber air terakhir sebelum mencapai puncak gunung Ungaran. Total waktu tempuh kami dari basecamp Mawar sampai ke tempat ini memakan sekitar 1,5 jam. Kami beristirahat di sini sembari mengatur nafas.

Melanjutkan perjalanan setelah kebun kopi, kami mengambil arah kiri menapaki jalan berbatu yang rapi dan lebar menuju ke kebun teh. Jalan agak menanjak hingga kemudian mendatar untuk menuju pertigaan yang merupakan jalur ke puncak. Di ujung jalan datar, kita sampai dipertigaan Si Kendil, sebuah percabangan di perbatasan antara kebun kopi dan kebun teh Dusun Promasan. Di dusun ini terdapat kebun teh yang memanjakan mata, bangunan bersejarah Goa Jepang dan Candi Promasan. Apabila ingin mampir ke dusun tersebut, kita dapat berjalan menurun ke arah kanan dan apabila lanjut mengambil jalur ke kiri, kita akan meneruskan perjalanan pendakian ke puncak Gunung Ungaran. Sampai di sini, kami telah menempuh separuh perjalanan pendakian Gunung Ungaran ini.

Kebun Teh Dusun Promasan
Kami melanjutkan pendakian ke puncak dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan medan yang menggila. Ini adalah jalur pendakian yang ke puncak Ungaran yang penuh tantangan dan banyak menguras tenaga. Kita akan melewati medan yang berat nan sempit dengan jurang di sisi kiri dan kanan. Sepanjang pendakian ini tak jarang kita harus melewati pohon-pohon tumbang, memanjat batu yang tinggi, menemui tebing-tebing batu serta melewati padang sabana. Jalur disini menuntut kewaspadaan yang tinggi, karena kita mengitari tebing dengan jalur tanjakan berbatu besar yang terjal dan licin.

Setelah melewati berbagai rintangan di atas selama total 4 jam dari basecamp, sampailah kami di puncak Ungaran yang berketinggian 2050 mdpl ditandai dengan adanya tugu yang dibangun oleh batalyon militer Semarang. Dari puncak gunung ini, kita dapat menikmati suasana malam dengan kelap- kelip Semarang yang sangat indah. Sembari menyeruput minuman hangat dan mendengarkan playlist favorit pasti menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Belum lagi di saat pagi harinya, kita dapat melihat golden sunrise dari ufuk timur yang sangat menakjubkan. Pemandangan ini diiringi dengan Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing yang terlihat dari kejauhan. Lengkap sudah pesona puncak gunung Ungaran ini menjadi moodbooster yang sangat ampuh kembali menjalankan rutinitas sehari-hari. Naik turun gunung dengan selamat serta bawa turun lagi sampah yang dibawa ya! Jaga alam titipan anak cucu kita ini dengan sepenuh hati.
🙂

Note:
Recommended: Kita dapat mendirikan tenda di lokasi yang aman di puncak bayangan berupa tanah lapang di punggungan bukit yang luasnya kira-kira cukup untuk menampung belasan tenda. Hal ini karena ada punggungan bukit yang melindungi tenda dari angin. Waktu tempuh dari puncak bayangan ini ke puncak Ungaran membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Keadaan puncak yang sempit dan tidak ada pepohonan besar dikhawatirkan penuh tenda pendaki lain dan rawan terpaan angin yang kencang. Bisa juga mendirikan tenda di puncak tapi agak turun di bagian selatan yang banyak ditumbuhi pepohonan besar, tetapi pemandangan yang di dapat tidak begitu bagus bila dinikmati langsung dari dalam tenda karena tertutup pepohonan.